..::Mohon maaf atas ketidaknyamanan Anda mengunjungi blog saya. Blog ini masih dalam tahap perbaikan, agar lebih tertata rapi. Selalu gunakan fitur search engine disebelah kanan guna mempermudah pencarian isi konten di blog ini. Terimakasih::..
Home » , , , » Cara Unlock atau Flash TP-Link TD-W8151N V3 Milik Telkom ke stock firmware resmi TP-Link

Cara Unlock atau Flash TP-Link TD-W8151N V3 Milik Telkom ke stock firmware resmi TP-Link

Posted by Obay Corps on 04 Juli 2017

Hallo opreker semua, udah lama banget ngak update blog ini.
Kali ini saya mau share sedikit Modem Speedy TP-Link TD-W8151N v3 milik Telkom/dgn logo Speedy.
source : wikipedia

Disini saya akan share, bagaimana cara meng-unlock dan flashing ulang modem dari speedy ini ke firmware bawaan milik TP-LINK. Karena untuk menggati/update ke firmware resmi TP-Link itu tidak bisa begitusaja, Jika dipaksa update melalui GUInya akan muncul "UPDATE DUE TO....... The uploaded file was not accepted by router" file yang di unggah tidak diterima oleh router.

Jadi sekarang saya mambagikan caranya bagaimana untuk mengatasi masalah update firmwarenya.

PERINGATAN...!!!!

1. Segala resiko Anda tanggung sendiri. Karena saya tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi pada modem Anda.
2. Jangan pernah mematikan arus listrik pada saat update berlangsung, karena itu dapat merusak modem Anda, maka gunakanlah UPS selama update berlangsung.
3. Saya sarankan untuk menggunakan kabel LAN daripada menggunakan Wifi.
4. Segala settingan dan konfigurasi bawaan Telkom akan hilang, jadi labih baik anda ingat konfigurasi dasar yang diberikan oleh pihak Provider Anda.
5. Dengan melakukan flashing, akan menghapus garansi modem Anda.


Ada beberapa perubahan setelah di unlock dan di flash oleh stok firmware tp-link, diantaranya.
1. Tidak ada logo Telkom
2. Menghapus SSID Wifi @wifi.id (ini sangat susah di hapus, karena jika di factory reset akan kembali lagi)
3. Regional berubah menjadi Indonesia, yg sebelumnya TELKOM INDONESIA dan segala settingan dari telkom akan hilang.
4. Lebih cepat, mudah untuk di kostumisasi dan lebih stabil.
5. Mudah untuk disetting sebgai extender wifi.
6. Menghilangkan multi user GUI admin.
7. Menu CWMP muncul.

Oke langsung saja  ya...

1. Pertama2 yang hasrus Anda lakukan adalah mendownload Firmware dari situs TP-Link, Saya sarankan untuk mendownload versi firmware paling lama DISINI, atau DISINI (Mirror) Setelah itu Anda unzip file tersebut.
(nama file setelah unzip "ras")

2. RESET modem dengan cara menekan tombol reset yang berada dibelakang dekat tombol /ON/OFF sekitar 10 detik, dan tunggu sampai restart. Ini untuk memastikan anda dapat mengakses IP addres 192.168.1.1 dan user name/ password : admin/admin.

3. Hubungkan Komputer dengan telnet atau putty via LAN, namun sebelumnya Anda atur terlebih dahulu IP pada komputer anda menjadi 192.168.1.2, Subnet mask. 255.255.255.0 dan gateway: 192.168.1.1. Lalu di telnet/putty atur IP ke 192.168.1.1. Jika sudah terhubung ke telnet/putty, maka di interface akan langsung meminta password, dan masukkan admin sebagai passwordnya.

4. Gunakan perintah "sys modelcheck off" (tanpa tanda petik) di telnet, lalu tekan enter. dan pastikan "old model check flag : off" dan "new model check flag: off"

5. Selanjutnya kita pindak ke menu GUI.

6. Buka web browser favorit anda, (saya menggunakan chrome), lalu ketik 192.168.1.1 Login menggunakan user dan password default (admin/admin). Masuk ke menu Management > Firmware > Klik file rom, Pilih file ras yang telah kita ekstrak tadi seperti langkah pertama. Tunggu prosesnya sampai modem reebot, dan jangan menekan atau melakukan apapun apalagi mencabut power sampai reebot selesai.

7. Setelah reboot selesai, buka 192.168.1.1 kembali melalui GUI di browser, Jika berhasil akan masuk ke interface login dangan user/pass : admin/admin (huruf kecil  semua).

8. Setelah berhasil login, kembali lagi ke telnet/putty,  hubungkan modem seperti langkah 3. lalu ketik "sys default" lalu tekan enter. atau dapat juga masuk ke menu Maintenance > Firmware > Reset. maka modem akan akan reboot, dan membersihkan semua settingan dari Telkom.

Nah sekarang kita telah berhasil mengUnlock Modem TD-W8151N telkom dan upgarde ke firmware resmi TP-Link. Setelah anda berhasil unlock, anda juga dapat mengupdate dengan firmware terbaru dari web TP-Link melalui GUI browser anda langsung.

Thanks for reading & sharing Obay Corps

Previous
« Prev Post

Cari di Blog Ini

Popular Posts